6/28/2011

on 4 comments

Cara Membuat Efek Retro dengan Photoshop

Foto dengan warna-warna retro memang sangat popular saat ini. Walaupun foto keliahatan tua/lama, warna-warni gaya retro tetap menarik untuk dinikmati.

Nah dalam tutorial photoshop kali ini, kamu bisa membuat foto bergaya retro hanya dengan satu tool saja!

Inilah hasil yang akan kita capai:


Tertarik? Yuk simak!

1.    Buka file foto yang akan kamu edit di Photoshop. Klik File> Open atau Ctrl+O.
Figure 1 Foto yang belum di edit

2.    Ada begitu banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat efek retro dalam foto di Photoshop. Nah, salah satu cara yang mudah adalah dengan menggunakan Curves tool.

TIPS PENTING! ----------
Penulis menyarankan menggunakan Adjustment Layer untuk Curves tool supaya kamu bisa mengedit kembali hasil yang kamu lakukan sebelumnya. Kalau kamu menggunakan Curves tool  yang tidak dalam bentuk layer maka kamu tidak bisa mengedit kembali settingan curves yang kamu buat sebelumnya setelah men-save dan menutup program photoshop.
Nah untuk mengakses Adjustment layer untuk Curves klik saja, icon kecil di bagian bawah Layer pallete seperti yang ditandai dibawah. Untuk mengakses Layers pallete, tekan F7.

Figure 2 Adjustment Layers
Setelah mengklik icon tersebut, maka muncul banyak pilihan adjustment, pilih saja Curves. Maka Curves tool akan muncul.

 
Figure 3 Adjustment Layer – Curves

Figure 4 Tampilan Curves

Tentu saja, tidak ada perbedaan dengan tampilan curves yang diakses lewat, Image> Adustments> Curves. Namun, bila kamu tekan OK atau Enter di keyboard, maka akan muncul layer baru di Layers pallete yang bernama Curves 1.

Figure 5 Curves 1
3.    Nah di layer Curves 1 itulah kamu mengedit pewarnaanya, tidak di layer “Background” yang mana foto asli kamu berada.  Klik layer Curves 1 dua kali (klik icon yang berbentuk grafik itu, bukan yang warna putih polos). Oke, kamu akan berhadapan dengan tampilan Curves. Bila kamu belum memahami dasar-dasar kerja curves, baca dulu postingan saya sebelumnya disini.

4.    Ada baiknya koreksi dulu tingkat kecerahan gambar biar oke dengan tool ini. Penjelasan mengenai cara mencerahkan gambar bisa dibaca pada postingan ini: [klik ]
Figure 6 Mencerahkan foto

5.    Nah, it’s time for the fun part, bagian yang menyenangkan sekaligus menantang. Kita akan memulai proses pengeditan warna. Masih, dalam tampilan Curves 1, klik “RGB” yang terletak di sebelah tulisan Channel pada bagian atas tool Curves. Setelah itu, klik Red.

Figure 7 Memilih Channel Red
Nah sedikit pengetahuan tentang Channel RGB pada Curves: ----------------------
RGB adalah salah satu dari mode gambar yang memiliki 3 channel warna utama: Red (merah), Green (hijau), Blue (biru). Secara default (dalam foto yang belum diedit), ketiga channel  tersebut memiliki garis diagonal yang sama di Curves tool; dari pojok bawah kiri ke pojok atas kanan. Namun, kamu bisa mengubah garis diagonal masing-masing channel sehingga menghasilkan pewarnaan yang menarik. Sebelum itu, perhatikan baik-baik dulu penjelasan dibawah ini.
a. Channel Red
- Apabila garis diagonalnya ditarik ke bawah, maka warna foto akan bertambah hijau.
- Apabila garis diagonalnya ditarik ke atas, maka warna foto akan bertambah merah.
b. Channel Green
- Apabila garis diagonalnya ditarik ke bawah, maka warna foto akan bertambah merah keunguan
- Apabila garis diagonalnya ditarik ke atas, maka warna foto akan bertambah hijau
c. Channel Blue
- Apabila garis diagonalnya ditarik ke bawah, maka warna foto akan bertambah kuning.
- Apabila garis diagonalnya ditarik ke atas, maka warna foto akan bertambah biru

6.    Okay, kamu sebenarnya bisa mulai mewarnainya dari channel mana saja. Penulisa biasanya memulai dari channel Red atau terkadang channel Blue. Yang penting, secara umum, yang sangat khas dari efek warna retro adalah warna biru dan kuning yang dominan dan tambahan aksen pink/merah. Warna biru biasanya untuk area gambar yang gelap, kuning untuk area gambar yang cerah, dan pink/merah untuk area yang ‘sedang’ – tidak terlalu gelap, tidak terlalu juga terang.

Kamu bisa memulai memberi  pink/sedikit merah pada foto dengan men-setting channel Red seperti berikut (namun ingat, masing-masing foto memiliki kondisi yang berbeda, jadi mungkin settingan channel Red-mu akan sedikit berbeda) 

Figure 8 Setting Red Channel
7. Setting channel Blue sedikit-banyak seperti berikut. Sekali lagi, kondisi masing-masing foto berbeda, jadi gak sama persislah settingan curves-nya.

 Figure 9 Settingan Channel Blue
Wow, mungkin kamu sudah puas dengan tampilan diatas. Silakan!
8.    Well, penulis menambahkan sedikit warna hijau dalam foto dengan mengedit Channel Green.

Figure 10 Settingan Channel Green
 9.    Bila hasilnya sudah memuaskan, tekan saja OK. Well, that’s it! Simpan fotomu (Save As..) dalam format PSD (Photoshop Document) agar kamu bisa mengeditnya kembali bila perlu dan juga simpan dalam format JPEG agar kamu bisa menikmatinya.

HARUS SELALU DIINGAT:
-    Setiap foto memiliki kondisi warna berbeda jadi mungkin kamu akan memerlukan waktu yang lebih banyak untuk mencapai hasil yang diiinginkan.
-    Setiap individu memiliki selera warna yang berbeda, jadi settingan untuk Curves pun akan bisa berbeda juga
- TIPS TAMBAHAN: untuk meng-undo proses sebelumnya tekan Ctrl+Shift+Z

WHAT’S NEXT?
Apa yang kamu perlu lakukan selanjutnya adalah dengan mencoba teknik ini pada foto-foto yang lain untuk memeprdalam pemahaman kamu tentang channel-channel RGB tersebut dan siapa tahu kamu bisa menghasilkan efek pewarnaan lain yang tak kalah keren! Kamu juga bisa dan boleh menggunakan lebih dari satu Adjustment Layer untuk menghasilkan berbagai variasi warna! Just play your creativity! DAN, teknik inipun bisa kamu pakai untuk berbagai keperluan edit warna foto.

inilah hasil kreasi lainnya dengan teknik dasar Curves tool dengan sedikit tambahan tools lain



4 komentar:

  1. nambah pengetahuan ni..
    makasi gan..

    efek2 yang lain ada gk gan??
    mohon bantuanny
    masi Newbie nih..

    BalasHapus
  2. trims udah mampir bro :)
    Skarang ane blum ada waktu buat blogging neh... sabar ya bro hehe

    BalasHapus
  3. Trims trims trimakasi banyak caranya XD)

    BalasHapus