6/20/2011

on 4 comments

Cara menghilangkan noda dalam foto dengan Spot Healing Brush Tool di Photoshop!


Gak pede dengan tampilan foto penuh noda? Foto dengan wajah kusam/kotor/jerawatan? Well, dengan photoshop kamu bisa menghilangkannya!

Inilah contoh hasil kerja yang akan kita capai:


CATATAN: penulis menggunakan program Adobe Photoshop CS3 dalam tutorial ini. Namun penulis yakin, tutorial ini juga relevan untuk Photoshop versi sebelumnya.

1. Buka dulu program photoshop-nya
2. Buka foto yang akan kamu edit di photoshop. Klik File...Open.

Menu Open file


Hehehe… penulis menggunakan fotonya sendiri loh!

3. Ahem! Kembali ke tutorial! Well, dalam foto tersebut, terdapat beberapa noda di wajah. Selanjutnya kita bisa menghilangkan noda-noda tersebut dengan menggunakan “Spot Healing Brush Tool ” atau “Healing Brush Tool”. Tool ini dapat diakses di kiri layar Photoshop, dan klik kanan icon seperti yang ditandai pada gambar di bawah ini.


Icon Spot Healing Brush Tool

Healing brushes

Trus apa bedanya “Spot Healing Brush Tool” dengan “Healing Brush Tool” ?

Keduanya memiliki fungsi yang sama: menghilangkan noda pada suatu tekstur dengan menempelinya dengan tekstur di sekitar area yang tidak memiliki noda. Misalnya, bila kamu berniat menghilangkan noda di wajah (dalam foto), maka secara otomatis tool ini menutupi bagian noda tersebut dengan menyesuaikan tekstur wajah lain yang tidak bernoda.

Beda kedua tools tersebut adalah: Spot Healing Brush Tool dapat secara efektif menghapus noda-noda yang kecil; seperti bintik-bintik hitam. Sementara Healing Brush Tool dapat menghilangkan noda yang lebih lebar. Selain itu, Spot Healing Brush Tool dapat langsung menghapus noda tanpa melakukan pengambilan tekstur terlebih dahulu. Sementara Healing Brush Tool, kita harus mengambil sampel tekstur dulu untuk dapat memakainya.

4. Well, untuk kasus dalam foto ini, kita bisa menggunakan Spot Healing Brush Tool. Cara penggunaanya sangat mudah: tinggal klik tool Spot Healing Brush Tool, kemudian kllik bagian wajah yang ada nodanya… dan lihat efeknya!

Noda telah hilang!

5. Kamu juga bisa mengatur diameter (lebar lingkaran) brush dengan mengklik menu Spot Healing Brush Tool yang ditampilkan di bagian atas (lihat gambar berikut)


Menu Spot Healing Brush Tool

Di dalam tutorial ini, penulis menggunakan ukuran 15px. Namun kamu bisa mengubahnya dengan cara mengklik angka tersebut dan akan muncul menu seperti berikut:

Opsi ukuran diameter Spot Healing Brush Tool

Untuk mengubah ukurannya, geser saja slider Diameter ke kanan; seperti contoh penulis mengubahnya menjadi 60 px.

6. Begitulah cara menggunakan Spot Healing Brush Tool! Sangat mudah bukan? Lakukanlah perbaikan seperlunya sampai hasil yang diinginkan, seperti yang penulis lakukan:


Noda di wajah hilang semua!

TIPS: usahakan ukuran diameter brush-nya jangan sampai terlalu besar; paling baik ukurannya sekitar 20-30% dari ukuran noda yang ingin kita hilangkan. Ukuran yang terlalu besar justru akan berdampak buruk…. Lihat saja sendiri. Hehehehe :)


>>> Untuk penggunaan Healing Brush Tool dijelaskan pada postingan berikutnya.

4 komentar:

  1. Makasih banyak Bro.., udah ganteng mau berbagi lagi! Salam dari Kalimantan. ifinbanjar@ymail.com

    BalasHapus
  2. all: yap sama2 semuanya... indahnya berbagi hehehe

    BalasHapus