7/23/2011

on 4 comments

Memberi Efek Gradasi Pada Foto Dengan Photoshop

>>Tutorial ini ditujukkan kepada pengguna photoshop pemula
Efek gradasi, khususnya hitam (vignette), yang muncul di pojok atau di sisi-sisi foto kerap disukai para pengedit foto, baik yang level pemula sampai level atas. Tampilan efek ini pun sangat mudah membuatnya di photoshop, bahkan kamu pun bisa membuat efek gradasi yang lebih menarik! Mari simak caranya seperti berikut:

1.    Buka gambar yang akan kita edit di photoshop. Klik File> Open…
 
Figure 1 Foto yang belum diedit
2.    Sebelum menambahkan efek gradasi, tekan D (tanpa Ctrl, Shift, ato Alt). Untuk me-reset warna foreground-background menjadi hitam putih. Tampilan seperti dibawah ini bisa kamu temukan di pojok kanan bawah layar.
Figure 2 Foreground-Background color yang sudah di-reset menjadi hitam-putih
3.    Cara yang mudah dan sekaligus fleksibel adalah dengan menggunakan Fill Layer Gradient. Klik menu Layer> New Fill Layer> Gradient…
Trus tekan OK.
Figure 3 New Fill Layer> Gradient
4.    Setelah menekan OK, maka akan muncul langsung tampilan seperti ini (a). Di layer pallete juga akan muncul layer baru bernama Gradient Fill diatas layer Background (b).
Figure 4 Tampilan awal gradient
5.    Now is the fun part! Bagian yang menyenangkan sekaligus menantang: mengatur efek gradasi! Di window Gradient Fill (yang ditandai “a” pada langkah no.4) , klik “Linear” kemudian pilih “Radial”. 
Figure 5 Radial Gradient
6.    Warna hitam akan berada di tengah-tengah gambar. Agar berada di sisi gambar, tinggal beri tanda centang pada kotak “Reverse”. Lihat perubahannya.
Figure 6 Reverse gradient
7.    Kamu bisa mengubah lebar gradasi dengan mengubah nilai “Scale”. Klik tanda panah kecil yang terletak diantara angka 100 dan symbol % dan ubah nilainya dengan menggesernya. Lihat gambar dibawah.
 
Figure 7 Mengubah lebar gradasi
8.    BAGIAN INI BOLEH KAMU LEWATKAN, TAPI SEBAIKNYA JANGAN DEH: Kamu bisa mengatur letak gradasi dengan tinggal meng-klik gambar dan geser kursor kearah yang kamu inginkan.

Figure 8 Memindahkan gradasi
9.    Well, penulis memang tidak melakukan pemindahan gradasi seperti langkah nomor 8 tadi untuk tutorial ini. Tetapi trik tersebut layak kamu ketahui untuk bisa dijadikan tambahan kreasi nantinya :)
Lanjut, kini kamu bisa mengatur kedalaman gradasi dengan mengklik gambar gradasi yang ada di window Gradient Fill (lihat gambar).
Figure 9 Gradient Editor
Geser slider putih yang ada di bagian atas gradient ke kiri (lihat gambar di bawah). Maka gradasi hitam akan semakin ke sisi, dan gambar utama menjadi lebih jelas.

Figure 10 Mengubah area gradasi
Tekan OK bila kamu sudah puas dengan hasilnya.

10.    Segitu aja? Tidaaaak! Hehehehe. Efek seperti diatas sudah terlalu sering kita lihat bukan? Kamu bisa menambahkan sedikit efek menarik dengan mengubah blending mode layer gradasi menjadi color burn. Gimana caranya? Buka Layers pallete dengan menekan F7, dan klik layer Gradient Fill sekali saja, dan kemudian di atasnya klik dan ganti “Normal” menjadi "Color Burn"… dan lihat hasilnya!
Figure 11 Color Burn

11.    Waw, keren juga kan? Hehehehe… Tapi bila kamu belum puas dengan gradasinya, kamu bisa edit kembali dengan mengklik layer Gradient Fill di Layer pallete (F7) tersebut dua kali dan akan muncul tampilan seperti di langkah-langkah sebelumnya.

Klik lagi gambar gradasi tersebut dan muncul lagi Gradient editor seperti dibawah. Seperti di langkah nomor 9, geser kembali slider putih. Tetapi kali ini geser ke kanan agar warna hitamnya bertambah.
Figure 12 Mengubah kedalaman gradasi
12.    Kamu pun juga bisa mengganti warna gradasi yang tadinya hitam menjadi warna lain! Klik Gradient stop yang berada di ujung hitam (lihat gambar), dan klik warna hitam berbentuk kotak yang berada di samping tulisan “Color”. Maka opsi warna akan muncul. Pilih saja warna yang kamu inginkan. Kamu bisa melihat efeknya secara bersamaan ketika memilih warna jadi kamu bisa mengetahui warna mana yang cocok buat kamu. Tekan OK bila sudah pas.

Figure 13 Gradient stop dan warna gradient stop
Figure 14 Memilih warna baru untuk gradient stop
Penulis melakukan sedikit perubahan pada Gradient Editor lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih pas untuk selera penulis :)

Figure 15 Sedikit koreksi lagi untuk settingan gradient-nya
13.    Bila kamu sudah merasa pas BANGET ma hasilnya, simpan sekarang dalam format PSD biar kamu bisa mengeditnya lagi di kemudian hari. Caranya klik File> Save As… dan kemudian pilih format Photoshop document. DAN tentunya, jangan lupa menyimpannya dalam format JPEG agar kamu bisa menikmatinya (File> Save As… dan pilih format JPEG).

That's it! Silakan kreasikan sesuai keinginanmu sekarang! :D :D

4 komentar: