6/19/2011

on Leave a Comment

Cara Membuat Daftar Halaman Otomatis di Microsoft Office Word

Contoh Daftar Isi Otomatis MS Word

Daftar isi merupakan bagian dari buku/laporan berhalaman panjang yang terkadang terlihat sepele. Namun ketika kita membuatnya, ternyata memerlukan waktu yang tidak singkat. Bolak-balik dari halaman daftar isi ke suatu bab atau bagian di halamn lain tentunya membosankan dan melelahkan.

Sebenarnya, bagi kamu pengguna Microsoft Word, sudah disiapkan sebuah fitur untuk merancang daftar isi secara otomatis! Walaupun, sejauh pengetahuan penulis, cara pembuatan dan pengaturan-pengaturan spesifiknya, masih banyak kekurangan bila dibandingkan dengan cara kerja daftar isi program Adobe InDesign. Namun demikian, ketimbang kamu harus bolak-balik halaman untuk membuat daftar halaman, tentunya fitur ini lumayan membantu.

Sebelum memulai membuatnya, kamu perlu memahami proses pembuatan daftar isi di Word.

  1. Daftar isi otomatis di Word dibuat dari Style Heading. Jadi kamu harus meng-apply style Heading di text yang akan kamu masukkan di daftar isi.

    Style Heading
    -------------------------------------------------
    Tunggu dulu, apa sih "Style" itu? Well, style merupakan fitur dari MS Word yang mirip seperti template; dimana pada masing-masing syle telah memiliki settingan text yang spesifik, yang kemudian bisa kamu pakai demi efisiensi kerja.

    Contohnya, style "Normal" pada MS Office 2007 memiliki settingan font Calibri ukuran 11 pt, rata kiri, dan line spacing (jarak antar garis kalimat) 1.15 pt. Keuntungan dari style bisa kamu dapatkan ketika melakukan perubahan format teks dengan cepat. Misalnya, kamu memiliki teks yang memakai font Times New Roman ukuran 12 pt, dan kamu ingin mengubah formatnya menjadi Calibri 11pt dengan cepat, maka hanya dengan meng-highlight teks Times New Roman tadi dan klik style "Normal" maka dengan segera format teks tersebut berubah!

    Tentunya, style-style yang ada secara default di MS Word juga bisa diubah sesuai dengan keinginan kita. Caranya bisa kamu temukan pada langkah-langkah berikut.
    -------------------------------------------------

  2. Kamu bisa meng-update halaman di daftar isi secara otomatis (namanya juga otomatis) ketika ada perubahan dalam dokumen.
Cara membuat daftar isi otomatis di Word:

1. Setting style Heading dulu. Secara default style Heading 1, 2 dan 3, di Word memakai font Cambria. Tentunya kita bisa mengubah settinganya dengan meng-klik kanan style tersebut dan pilih modify. Namun cara tersebut agak ribet…. Untuk kamu yang suka cara cepat, begini: highlight / blok aja text yang akan kita masukkan di daftar isi,

Highlight/block text

trus, masuk ke menu styles, klik kanan style Heading 1, pilih “Update Heading 1 to Match Selection”. Artinya, style Heading 1 akan menyesuaikan dengan style yang kamu highlight/block.

Menyesuaikan style Heading 1 dengan teks yang di highlight


2. Kini kamu sudah bisa mulai membuat daftar isi otomatis. Masuk ke menu “References” dan pilih “Table of Contents” yang terletak di paling kiri.
Menu fitur Table of Contents (Daftar isi)

Pilihan daftar isi otomatis akan muncul. Disana ditampilkan contoh sederhana format daftar isi. Seperti yang ditampilkan di contoh paling atas, perhatikan letak Heading 1, Heading 2, dan heading 3! Jadi, letak style Heading 1 akan menjorok lebih ke kiri dari yang lain.


Opsi format daftar isi

Artinya, sesuai dengan hal ini, kamu bisa membuat letak sub-bab (misalnya bagian-bagian dari Chapter 1 sebuah tulisan) dari sebuah bab utama lebih ke dalam. Setelah memilih format tersebut, maka secara otomatis daftar isi telah terbentuk.

Daftar isi otomatis telah terbentuk

3. Kamu sekarang bisa mencoba menggunakan style Heading 2 untuk bagian sub-bab tulisan seperti di bawah ini. Cara membuatnya sama dengan langkah di nomor 1, hanya perbedaanya adalah, kamu mesti memilih style Heading 2. Untuk “Update Heading 2 to Match Selection”

Highlight sub bab “Introduction” (contoh)

Update Heading 2 to Match Selection

Setelah style Heading 2 dibuat, kamu bisa meng-apply (menggunakan) style tersebut di sub-bab lainnya.
Caranya sangat gampang, tinggal highlight/blok dulu text yang kamu inginkan masuk sebagai sub-bab di daftar isi,setelah itu, pilih Heading 2 di menu style.

4. Langkah selanjutnya, kita tinggal meng-update daftar isi yang baru kita buat. Klik “Update Table” dan akan muncul pilihan. Pilihan pertama hanya akan meng-update penomoran halaman; tanpa menambah sub-bab/menu-menu yang baru kita buat, sementara pilihan kedua akan meng-update keseluruhannya; termasuk penambahan menu baru. Karena kita baru saja membuat sub-bab dengan style heading 2 (yang juga belum masuk di daftar isi lama), pilih saja opsi kedua. Setelah itu daftar isi akan ter-update secara otomatis!

Opsi update daftar isi

Daftar isi telah di-update secara otomatis!

5. Gampang sekali bukan? Kini kamu bisa melanjutkannya ke halaman-halaman yang lain tanpa banyak naik-turun halaman dan juga bagian membosankan lainnya: membuat titik-titik leading ke nomor halaman! Hehehe

TIPS:
  • Mungkin ini karena keterbatasan pengetahuan penulis: disarankan untuk tidak meng-highlight text yang memiliki style BULLETS/NUMBERING untuk dijadikan Style Heading untuk di daftar isi karena nanti format Bullets/Numbering akan ikut terpakai di halaman lain!

0 komentar:

Posting Komentar