3/01/2012

on 24 comments

Cara Mengimport File Adobe Illustrator ke CorelDraw



Buat desainer grafis yang terbiasa membuat desainnya di Adobe Illustrator terkadang frustasi ketika dibawa ke percetakan yang ternyata cuma bisa memakai program CorelDraw. Kedua program vector ini memang bak air dan minyak; gak bisa akur! Hehehe. Maklum saingan langsung sih.

Oke, sekarang bagaimana caranya bila kamu sudah terlanjur bikin di Illustrator? Penulis punya cara berdasarkan pengalaman sendiri nih. Oh ya, penulis menggunakan program Adobe Illustrator CS3 dan CorelDraw X3 (dan penulis juga pengguna reguler Adobe Illustrator hehehe)

Ini file desain Illustrator yang akan diimpor ke CorelDraw. (Ini siluet tugu Singa Ambara Raja di pusat kota Singaraja-Bali)

1. Simpan SAVE AS file Illustrator ke format "AI". Klik "OK" dan perhatikan setingan berikut!
Simpan file ke versi Illustrator CS atau CS2 Mengapa? Karena ketika CorelDraw X3 dibuat, versi Adobe CS3 keatasnya belum ada. Juga jangan lupa untuk menonaktifkan "Use Compression". Tanya mengapa? Mungkin CorelDraw tidak paham dengan sistem kompresi Illustrator. Ya sudahlah... hehee. Bila sudah sip, tekan OK.

2. Sekarang pindah ke CorelDraw (ingat, saya menggunakan yang versi X3). Buat file baru, dan kemudian klik "File > Import". Cari file Illustrator yang barusan kamu simpan dalam versi Illustrator CS dan tanpa kompresi. Pilih dan kemudian klik "Import"


3. Akan ada kotak dialog tentang PDF import, terserah kamu mau pilih Text atau Curves. Tentunya, kalau dalam desain kamu ada text yang belum di outline, dengan kata lain masih bisa di-edit, lebih baik pilih "Text".

4. Tunggu sebentar dan kemudian tekan "Enter" bila kursor berubah menjadi semacam info desain yang akan kamu import ke CorelDraw. Kemudan, desain kamu terimport dah di CorelDraw termasuk garis-garis vector-nya.

5. Bila kamu kebingungan, "kok desainnya jadi satu semua?" Tenang itu cuma di-group. Kamu bisa klik kanan desain tersebut dan kemudian pilih "Ungroup" atau " Ungroup all"

6. Nah, kamu bisa mengeditnya kembali di CorelDraw. Gampang kan?


CATATAN: bagaimanapun, cara ini tidak 100% menyelesaikan semua masalah mengimpor file dari Illustrator ke CorelDraw. Terkadang untuk desain-desain rumit yang menggunakan fitur-fitur Illustrator seperti gradient, mesh, warp, blend, dan sebagainya kerap tidak terimpor dengan baik di CorelDraw. Akan tetapi, saat ini penulis masih menggunakan CorelDraw X3, kemungkinan besar versi terbarunya sudah bisa mengatasi problem tersebut. :))


24 komentar:

  1. gan kalo dari file ilustrator tadi di export ke corel draw x3 keatas, taruhlah coreldraw x5 ato x6 bisa tak?

    BalasHapus
  2. hmmm... Ane cuma punya X3. Tapi rasanya kalau yang X3 udah bisa baca, yang versi keatasnya pastilah bisa lebih baik lagi.

    BalasHapus
  3. thanks gan,,.. ats sharenya,,..

    BalasHapus
  4. Trims bro udah mampir :D Smoga bermanfaat!

    BalasHapus
  5. wowww, makasih mas, sharenya. benar" top

    BalasHapus
  6. Terima kasih ... informasinya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Terimakasih yg udah berkunjung :)

    BalasHapus
  8. hmm kalo corel x6, dari AInya save ke versi cs5 ya? kebetulan AI juga cs6

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja ya. Saya juga pakai AI CS6 tapi Corel cuma X5. Kalo AI-nya diimport ke Corel, saya biasanya save file AI-nya ke versi lama, yang penting pas nge-save, "Use Compression" jangan dicentang.

      Hapus
  9. terimakasih infonya mas :))

    BalasHapus
  10. Thanks gan.... work.. ini yang dicari-cari sejak dulu...
    makasih infonya

    BalasHapus
  11. numpang tanya mas... saya belum mengerti tentang ilustrator dan corel draw, saya cuma biasa main photoshyop, tapi terkadang saya sangat membutuhkan ornament2 yang ada di vector ilustrator dan corel draw, gmna cara nya mas,bisa g ornament2 yang berbasis vector di edit ke photoshop...?? trim's...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hanya untuk diimport saja ke photoshop tapi tidak bisa diedit lagi sebagi vektor di photoshop karena photoshop bukan aplikasi berbasis vektor

      Hapus
  12. bos, saya eksport ke illustrator cs, trus keluar tanda silang merah. ada tulisan an error has been occured

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan baca tutorial yang lebih update disini ya, blog ini sudah tidak pernah update lagi

      http://desaingraphix.blogspot.co.id/2015/05/cara-mengimport-dan-mengedit-file.html

      Hapus
  13. KALO SAYA DARI ILUSTRATOR TAK SAVE FORMAT PDF, TRUS KE COREL DI IMPORT, TETEP BISA DI EDIT DI COREL KOK..

    BalasHapus
  14. Mksh sangat bermanfaat sukses selalu ya yg punya blog

    BalasHapus
  15. Aku kok ga bisa ya, soalnya pake cdr X4, mhn bantuannya

    BalasHapus
  16. File dari AI transparancy nya ilang bro tak import ke corel... hadehhhhh

    BalasHapus