10/03/2011

on 2 comments

Cara Membuat Efek Tulisan Mirip Film “Twilight”


 

Tau film “Twilight” yang terkenal itu kan? Kalau tau, pasti kamu juga pernah melihat efek tulisan judul film-nya yang cukup keren.



Tertarik untuk membuatnya? Mari simak tutorial berikut!

1.    Buka program photoshopnya dulu (versi berapapun gak masalah)
2.    Klik File > New untuk membuat dokumen baru. Ukurannya terserah kamu deh. (Penulis menggunakan ukuran 1024 x 768 piksel). Tekan OK bila sudah sip.
 
Figure 1 Ukuran dokumen
3.    Hitamkan warna background (yang awalnya putih) dengan menekan Ctrl + I.

 
Figure 2 Menghitamkan warna background
4.    Kita mulai masukkan tulisan. Klik “Type Tool” yang terletak di sebelah kiri layar, atau bisa juga dengan menekan “T” saja pada keyboard.
 
Figure 3 Type tool
Setelah meng-klik Type Tool, klik dan geser mouse untuk membuat textbox untuk mengisi tulisan.

 
Figure 4 Textbox
Sekarang masukkan tulisan sesuai keinginan kamu. Masalah ukuran dan jenis font simak langkah selanjutnya.
 
Figure 5 Memasukan tulisan

5.    Kamu bisa mengubah ukuran tulisan dan jenis font  dengan mengubah settingan pada atas layar. Perhatikan gambar berikut.


A: Jenis font
B: Weight font; regular, bold, italic, bold italic, dsb.
C: Ukuran font
D: Tingkat ketajaman – kehalusan tampilan tulisan
E: Rataan teks; rata kiri, rata tengah, rata kanan
F: Warna teks

Agar bisa mengubah-ubah settingan font-nya, highglight (blok) dulu tulisannya, baru kamu ubah settingannya.  Sebab kalo nggak kamu highlight, tulisan tidak akan berubah.

Nah, dalam tutorial ini, penulis menggunakan font Times New Roman dengan ukuran 200 dan rata tengah.

 
Figure 6 Settingan font

Ukuran font 200pt??! Ya, di photoshop secara default Cuma sampai 72pt, tapi kamu bisa mengetik sendiri ukurannya di kolom angka itu. :)

Setelah puas dengan settingannya, tekan Ctrl + Enter untuk OK

6.    Nah sekarang kita mulai membuat efek-efeknya. Tekan F7 untuk membuka panel Layers. Kamu akan melihat ada 2 layer; Layer Background dan Layer twilight.

 
Figure 7 Panel Layers    
Buat duplikat layer twilight dengan mengklik layer twilight tersebut dan kemudian tekan Ctrl+J.

 
Figure 8 Duplikat layer
7.    Klik layer duplikat (twilight copy). Kemudia klik Filter > Blur > Motion Blur.

 
Figure 9 Menu Filter > Blur > Motion Blur
Sebelum lanjut, akan muncul sebuah peringatan seperti berikut.

 
Figure 10 Peringatan
Peringatan tersebut terjadi karena kita akan mengedit tulisan yang masih dalam bentuk aslinya (vector), supaya bisa kasi Filter Blur,  maka harus kita Rasterize.

Tekan OK saja untuk lanjut.

Setelah itu, tampilan Motion Blur akan muncul. Lakukan settingan seperti berikut:

Angle        = 90 derajat
Distance    = bebas, tp penulis memakai ukuran 484 pixels
Figure 11 Efek Motion Blur
Kamu bisa melihat tampila efeknya secara live (langsung), jadi ukuran Distance-nya bisa disesuaikan dengan selera kamu.

Bila sudah puas, tekan OK.

8.    Kembali ke panel Layer (tekan F7), kembali duplikat layer twilight.

 
Figure 12 Duplikat layer (lagi)
9.    Ulangi langkah no. 7 untuk membuat efek Motion Blur lagi. Tapi untuk kali ini ubah Angle-nya saja menjadi 0 derajat

 
Figure 13 Efek motion blur
10.    Kalo perlu, kamu bisa menambah lagi sedikit efek motion blur yang vertical (90 derajat) seperti di bawah ini dengan mengulangi langkah no. 7

 
Figure 14 Menambah sedikit efek Motion Blur

11.    Well, that’s cool! Tp biar tampak lebih keren, kamu bisa menambahkan tekstur seperti efek Twilight aslinya. Sebelum menggunakan tekstur, demi kenyamanan editing, kamu bikin aja back-up layer-layer kamu dengan mendobelkan masing-masing layer. Caranya, di Layers Panel (F7), tahan tombol Ctrl dan kemudian klik satu-persatu layer-layer yang telah kamu buat, kecuali Layer Background (paling bawah).
 
Figure 15 Ctrl+klik layer-layer
Tekan Ctrl+G untuk menggrupkan layer-layer tersebut jadi satu folder, atau kamu juga bisa klik geser layer-layer tersebut ke icon “

 

Figure 16 Klik dan geser layer-layer ke icon Group

Figure 17 Meng-groupkan layer-layer

12.    Setelah layer berhasil di-group, duplikat group tersebut dengan cara meng-klik dan geser layer Group tersebut ke icon Layer yang ada di bawah Layer panel; di samping kanan icon Group. (mirip dengan cara pada langkah no.11)

 
Figure 18 Klik dan geser group ke icon New Layer
Bila berhasil, maka akan ada duplikat group tersebut.

Figure 19 Duplikat group
Langsung tekan Ctrl+E untuk merge (gabung) folder tersebut menjadi 1 layer


Figure 20 Merge folder jadi 1 layer

Terakhir langkah back-up, klik icon “mata” yang terletak di kiri pada layer “Group 1” untuk menyembunyikan Group 1.

Figure 21 Menyembunyikan layer "Group 1"


UNTUK DIKETAHUI:
FUNGSI dari Group 1 ini adalah untuk menyimpan layer-layer efek yang belum di-merge (digabung). Sehingga apabila ada kesalahan-kesalahan atau kekurangan-kekurangan pada efek dasarnya, kamu bisa kembali mengeditnya dari Group 1 tersebut. Untuk menampilkan kembali Group 1 tersebut, cukup tekan kembali icon “mata” tersebut.

13.    Nah sekarang download gambar tekstur disini [LINK].*
Ukuran file-nya cuma 1MB.
 Kemudian buka di photoshop.
Figure 22 Texture 1
14.    Sebelum lanjut, kita putar counter-clockwise dulu tekstur ini supaya sesuai dengan dimensi (panjang - lebar) document yang kita buat. Caranya, klik menu “Image> Rotate Canvas> 90ยบ CCW".

Figure 23 Rotate Counter-Clockwise

15.    Abis itu, tekan Ctrl+A untuk menyeleksi ke semua area gambar dan kemudian copy+paste ke file dimana kamu mengerjakan efek tulisan Twilight. Untuk berpindah ke file di photoshop, cukup tekan Ctrl+TAB.

Figure 24 Texture yang di-select all

16.    Di file twilight, sebelum kita Paste texture tersebut, klik dulu layer  “Group 1 copy” pada Layers panel. Baru kemudian kita paste texture tersebut.

Figure 25 Klik layer "Group 1 copy"

Figure 26 Texture di-paste ke file
17.    Ukuran tekstur disini sangatlah besar… jadi kamu perlu me-resize-nya biar lebih kecil. Klik menu “Edit > Free Transform".  Atau kamu juga bisa pake shortcut Ctrl+T. Akan muncul garis tipis di sisi gambar, yang bisa kamu tarik untuk me-resize gambar texture tersebut . Lakukan resize kurang-lebih seperti penulis tampilkan di bawah.

Nah, biar gak ribet, penulis punya tips biar resizing jadi lebih gampang. Lihat gambar berikut:

Figure 27 Resizing tips
Keterangannya adalah sebagai berikut:
1. Klik dulu icon rantai tersebut agar nanti resizing-nya proporsional
2. Letakkan Anchor Point pojok kiri atas, supaya gambar tertarik ke arah sana; sehingga kamu tidak ribet menggeser-geser gambar setelah di resize. (agak sulit njelasinya, ntar liat aja deh hehehehe)
3. W=width, itu adalah panjang gambar. Disitu bisa kamu resize dengan mengubah angka-angkanya, TAPI biar gak ribet, kamu tinggal klik dan geser ke kiri cursor mouse di atas huruf “W” tersebut maka…liat sendiri dehh…*** itu adalah salah satu area RAHASIA di photoshop yang secara kasat mata keliatannya polos banget dengan tampilan huruf aja***

Disaat yang sama, kamu juga bisa memindahkan posisi texture sesuai keinginanmu dengan mengklik-dan-geser texture tersebut.

Figure 28 Menggeser texture
Bila sudah pas, tekan Enter.

18.    Pilih menu “Layer> Create Clipping Mask” atau shortcut Ctrl+Alt+G untuk meng-kliping texture tersebut ke tulisan “Twilight” yang tadi kita buat. Kamu bisa juga lihat perubahan pada Layers panel; Layer 1 (layer texture) menempeli layer Group 1 copy (layer tulisan).

Figure 29 Clipping layer

19.    Biar gampang di warnai, ubah menjadi hitam putih dulu texture tersebut. Klik menu “Image> Adjustment> Desaturate” atau shortcut Ctrl+Shift+U.

Figure 30 Desaturate texture

20.    Bagian yang cukup menyenangkan: mewarnai texture! (Dalam langkah ini, kamu boleh coba-coba warna yang sesuai selera kamu sendiri). Pilih menu “Layer> New Adjustment layer> Color Balance”. Setelah itu tekan OK.
Figure 31 Color Balance layer

Nah disini cobalah melakukan eksperimen warna RGB dalam 3 tone berbeda  “Shadow, Midtones, dan Highlights”.  Kamu bisa ikuti settingan seperti penulis:

  
 Figure 32 Hasil pewarnaan Color Balance dan settingan untuk Shadow, Midtones, dan Highlights-nya

21.    Phewww…. Selesai? Terserah kamu deh…. Tapi jika kamu merasa perlu untuk meningkatkan tingkat kecerahannya, tinggal edit aja dengan memilih menu “Layer> New Adjustment Layer> Curves”. Penjelasan tentang cara mencerahkan gambar dengan Curves bisa kamu baca disini [LINK].

Figure 33 Mencerahkan gambar
22.    VOILAAAA…. You’ve FINISHED IT!! Yang perlu kamu lakukan biar hasilnya semakin pas dihati tentunya mencoba-coba kombinasi settingan warna di Color Balance pada langkah no. 20. En tidak lupa juga…. Kamu  bisa pake nama kamu sendiri menggantikan tulisan “Twilight” tersebut. Tapi tentunya, kamu mulai dari AWAL. Yah, itung-itung latihan ngulang dari awal gak ada dosanya. Hehehehe.

Yah segini dulu,di postingan selanjutnya akan saya jelaskan gimana caranya memasang tulisan ini ke foto kamu!

SEE YOU ON THE NEXT POST!

* gambar ini milik sanami276, namun ketika penulis mencarinya lagi, file-file-nya sudah tidak tersedia.

2 komentar:

  1. aku dah coba tipsnya tapi kenapa pass nyampe d langkah 17 aku ngk bisa enter, aku udah coba teken enter tp tetep aja ngk nempel, salahnya dimana??

    BalasHapus
  2. Masak? Coba tekan Enter-nya 2x. Ato bisa juga, selain tekan Enter, klik aja tanda centang di kanan layar (lihat figure 27)

    BalasHapus